Jawa Timur Pecah Rekor, Komitmen Transaksi Misi Dagang di Hongkong Tembus Rp 1 T

Senin, 15 Mei 2023 – 20:39 WIB
Jawa Timur Pecah Rekor, Komitmen Transaksi Misi Dagang di Hongkong Tembus Rp 1 T - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat menghadiri Misi Dagang dan Investasi di Hongkong, Senin (15/5). Foto: Dok Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jatim berhasil memecahkan rekor dalam misi dagang dan investasi di Hong Kong.

Langsung dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa, misi dagang dan investasi Jatim meraup total komitmen transaksi sebesar Rp1,101 triliun.

Bertempat di Hotel Regal Hong Kong, Senin (15/5), misi dagang dan investasi itu mempertemukan peaku usaha Jatim dan Hong Kong. Misi tersebut juga berhasil menarik buyer (Pembeli) dari Mainland China.

Adapun transaksi yang berhasil dilepas ialah komoditi produk olahan kopi, produk pertanian, fashion, produk makanan, ikan beku, aneka keripik buah, alpukat mentega, manggis, mete, meatball, marinated steak, Cilembu, Coconut, dan Birdnest/sarang burung wallet. Transaksi terbesar yaitu komoditi coconut antara CV. Illoed Jaya Nusantara dengan Feihuang Weida senilai Rp 864 miliar dengan kontrak selama 1 tahun.

Diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri dari Delegasi Provinsi Jatim, jajaran KJRI Hong Kong, dan sejumlah pelaku usaha yakni 35 Pelaku Usaha dari Provinsi Jatim dan 30 pelaku usaha dari Hong Kong.

Gubernur Khofifah mengatakan, berbagai inovasi dan kolaborasi terus dilakukan untuk mengakselerasi peningkatan kinerja sumber pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi dan nilai ekspor. Untuk itu, misi dagang dan investasi di Hong Kong ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan nilai investasi dan perdagangan Hong Kong di Jatim.

Sebelumnya, Misi Dagang dan Investasi juga sukses dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi pada November 2022, Kuala Lumpur, Malaysia pada Desember 2022, dan Dili, Timor Leste pada Maret 2023.

Khofifah mengatakan, selama periode 2010 sampai 2022 Hong Kong menduduki peringkat ketujuh dalam daftar Negara asal investor di Jawa Timur dengan total capaian realisasi investasi sebesar US$. 1.353.100.000.

Jatim mencatatkan rekor baru dalam misi dagang dan investasi di Hong Kong pada hari ini. Gubernur Khofifah berharap akan ada peningkatan nilai investasi
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News