Peningkatan Kualitas SDM Jadi Modal Utama Organisasi Lembaga Pendidikan

Senin, 08 Mei 2023 – 16:13 WIB
Peningkatan Kualitas SDM Jadi Modal Utama Organisasi Lembaga Pendidikan  - JPNN.com Jatim
Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya J.Subekti, S.H., M.M. Foto: Dok. Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Era globalisasi dan persaingan yang makin ketat, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi suatu keharusan bagi lembaga pendidikan. 

Lembaga pendidikan harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar dan mengembangkan karyawan dengan keterampilan serta pengetahuan sesuai kebutuhan. 

Manajemen SDM pada lembaga pendidikan perlu dilakukan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

Keberadaan sumber daya alam yang melimpah tidak akan memberikan manfaat maksimal jika tidak didukung oleh peran SDM yang sesuai. 

Sekalipun teknologi dan mesin canggih dapat memberikan efisiensi dan kemajuan dalam produksi, penting bagi organisasi untuk memiliki SDM yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang sesuai.

Artinya, manusia memainkan peran penting sebagai pengelola organisasi dalam menghadapi tantangan khususnya pada organisasi lembaga pendidikan dalam menciptakan perubahan, meningkatkan kualitas pendidikan, dan memajukan lembaga pendidikan secara keseluruhan.

Pengembangan SDM bukan hanya sekadar memberikan pelatihan dan pengajaran, tetapi juga melibatkan proses pengenalan, pemahaman, dan penerapan nilai-nilai organisasi. 

Manajemen pengembangan SDM dalam lembaga pendidikan ditujukan untuk memastikan keberhasilan dan kemajuan lembaga tersebut. Dalam konteks ini, pengembangan SDM berfokus pada upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi para tenaga kependidikan.

Ketua YPTA Surabaya memberikan opini tentang bagaimana mengelola organisasi lembaga pendidikan di era globalisasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News