Tingkatkan Perekonomian Pesantren, GGN Jatim Edukasi Penanaman Pisang di Ponpes Kediri

Selasa, 18 April 2023 – 19:26 WIB
Tingkatkan Perekonomian Pesantren, GGN Jatim Edukasi Penanaman Pisang di Ponpes Kediri - JPNN.com Jatim
GGN Jatim saat menyerahkan bibit pohon pisang ambon jenis sunkis di Pondok Pesantren Al Falah Mojosari, Desa Karangtalun, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Minggu (16/4). Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Sukarelawan Ganjar Pranowo dari Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim menyerahkan bibit pohon pisang dan mengedukasi kalangan pesantren serta warga setempat mengenai cara penanaman yang baik dan benar.

Kegiatan itu digelar di lingkungan Pondok Pesantren Al Falah Mojosari, Desa Karangtalun, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Minggu (16/4).

Koordinator GGN Jatim Alwy Hasan mengatakan buah pisang menjadi komoditas favorit masyarakat Indonesia. Paling banyak dikonsumsi dengan rata-rata 24,71 gram per harinya.

"Kami mengadakan pelatihan tata cara menanam bibit pohon pisang yang baik dan benar. Ini juga supaya pisang buahnya lebih besar dan cengkehannya juga banyak," ujar Alwy.

Loyalis Ganjar Pranowo itu ingin mendorong ketahanan pangan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat denan pisang.

Menurutnya, pohon pisang punya banyak manfaat. Tak hanya dari buahnya, bahkan daun maupun batangnya memiliki manfaat penting untuk kehidupan manusia.

"Jenis (yang diberikan) pisang ambon dan pisang rojo (raja). Kenapa kami pilih pisang ambon karena bisa dinikmati, baik masyarakat arus bawah dan arus atas," katanya.

Pisang yang ditanam jenis sunkis dan bisa masuk ke swalayan-swalayan. Tujuannya agar bisa meningkatkan taraf perekonomian di lingkungan pesantren.

GGN Jatim memberikan edukasi tentang penanaman pisang yang baik dan benar di lingkungan Pondok Pesantren Al Falah Kediri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News