Akibat Banjir, 5 Warga Sampang Menderita Leptospirosis

Senin, 13 Maret 2023 – 18:08 WIB
Akibat Banjir, 5 Warga Sampang Menderita Leptospirosis - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Tikus penyebab leptospirosis (antaranews.com)

jatim.jpnn.com, SAMPANG - Sebanyak lima warga di Kabupaten Sampang menderita leptospirosis, yakni penyakit berbahaya yang disebabkan kencing tikus.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes-KB Pemkab Sampang Agus Mulyadi mengatakan kelima orang tersebut sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di kawasan setempat.

Temuan warga yang terserang leptospirosis itu dari hasil rapat koordinasi Dinkes-KB bersama para direktur rumah sakit dan kepala puskesmas se-Kabupaten Sampang beberapa hari lalu.

Penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang disebabkan kencing tikus yang mengalir melalui air banjir.

"Temuan adanya warga Sampang yang menderita jenis penyakit ini, setelah Kota Sampang dilanda banjir beberapa waktu lalu," kata Agus, Minggu (13/3).

Penyakit itu menjangkiti warga dengan air banjir atau genangan. Bakteri leptospira bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit, utamanya yang punya luka terbuka.

Selain itu, bisa masuk ke tubuh lewat makanan, bahkan dapat menyebabkan kematian sehingga perlu penanganan medis secara cepat.

Gejala yang bisa dikenal orang terserang leptospirosis, yaitu mengalami demam tinggi, sakit kepala, pendarahan, nyeri otot, menggigil, mata merah, dan muntah-muntah.

Sebanyak lima warga Sampang menderita leptospirosis setelah banjir melanda wilayah setempat beberapa waktu lalu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News