Pentingnya Lindungi Data Pribadi dari Serangan Siber di Ruang Digital

Kamis, 09 Maret 2023 – 09:37 WIB
Pentingnya Lindungi Data Pribadi dari Serangan Siber di Ruang Digital - JPNN.com Jatim
Kepala Prodi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT., CLA saat menjadi pembicara pada seminar 'Protecting the Data, Protecting the Future' di kampus setempat, Rabu (8/3). Foto: Dok. DSI YPTA.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Prodi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT., CLA mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran menjaga keamanan data pada sistem.

Hal tersebut dia sampaikan saat mengisi Seminar bertajuk Protecting the Data, Protecting the Future di kampus setempat, Rabu (8/3).

Menurutnya, terdapat empat potensi yang mengundang serangan siber di ranah digital, yaitu kredensial, phising, people, dan server.

“Dari empat itu, yang paling krusial pada people atau bisa disebut user. Pengguna-pengguna sistem itu perlu diedukasi untuk meminimalisir kerawanan terhadap sistem," kata Supangat.

Untuk itu, setiap penyelenggara sistem elektronik (PSE) diharapkan bisa meningkatkan keamanan pada sistem elektroniknya sebagai upaya pencegahan dari aksi peretasan dan penyelenggaraan UU Perlindungan Data Pribadi (PDP),

Direktur Direktorat Sistem Informasi Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 (DSI YPTA) itu mengimbau pengguna sistem harus mengganti password minimal tiga bulan sekali.

"Bentuk phising terkadang berupa link, seakan-akan kita dikelabui dengan link yang tidak benar. Sebagai pengguna juga wajib memperhatikan penamaan domain. Terkadang, domain formal bisa disalahgunakan," tuturnya.

Dia mencontohkan seperti web untag-sby.ac.id menjadi untag.com. Itulah yang harus diwaspadai agar tidak sembarang saat mengkliknya.

Kaprodi Sistekin Untag Surabaya mengingatkan tentang pentingnya menjaga keamanan data pribadi dari serangan siber.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News