Jembatan Munjungan Trenggalek-Tulungagung Bakal Dibongkar, Lalin Lebaran Dialihkan Lewat Sini

Senin, 27 Februari 2023 – 14:49 WIB
Jembatan Munjungan Trenggalek-Tulungagung Bakal Dibongkar, Lalin Lebaran Dialihkan Lewat Sini  - JPNN.com Jatim
Pengendara saat melintas di jembatan bailey Munjungan, Trenggalek. ANTARA/HO - Humas Polres Trenggalek

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Jembatan bailey, dekat jembatan Munjungan, mulai diuji coba Dinas Perhubungan dan jajaran Satlantas Polres Trenggalek.

Nantinya, jembatan tersebut bakal menjadi akses pengalihan sementara arus lalin di jalur nasional Trenggalek-Tulungagung.

"(Pembangunan jembatan) sudah selesai. Sekarang, kami uji coba lebih dahulu hingga sepekan ke depan," kata Kanit Kamseltibcarlantas Satlantas Polres Trenggalek Aiptu Ali Wibowo, Minggu (27/2).

Pihaknya berharap keberadaan infrastruktur jembatan bailey itu sekalipun bersifat sementara, tetap efektif untuk menjaga kelancaran lalu lintas dari maupun keluar Trenggalek, terutama jelang Lebaran mendatang.

Hal itu karena jembatan Munjungan diperkirakan baru kelar diperbaiki akhir 2023, padahal jembatan tersebut strategis karena menjadi penghubung jalan nasional Trenggalek-Tulungagung.

"Namun, sementara waktu, kendaraan di atas tonase 35 ton dilarang melintas," ujar Aiptu Ali.

Kendaraan yang nekat melintas dengan tonase melebihi batasan, bakal dipaksa putar balik untuk mengurangi kapasitas muatan dan diarahkan untuk melangsir muatannya di Terminal Durenan.

"Ada petugas yang berjaga di Simpang Empat Pogalan. Jadi, pemeriksaan berlapis. Begitu juga arah sebaliknya," tuturnya.

Rencananya, Jembatan Munjungan yang menjadi akses penghubung Trenggalek bakal dialihkan, terutama menjelang Lebaran nanti.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News