GMC Kenalkan Sistem Pertanian Hidroponik ke Warga Pasuruan

Minggu, 26 Februari 2023 – 14:40 WIB
GMC Kenalkan Sistem Pertanian Hidroponik ke Warga Pasuruan - JPNN.com Jatim
Kelompok relawan GMC saat akan memanen sayur hidroponik di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. ANTARA/HO-GMC Pasuruan

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Kelompok sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Pasuruan membagikan sayur hidroponik di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Sabtu (25/2).

Mereka tak hanya membagikan sayur-sayuran saja, tetapi juga memperkenalkan potensi sistem pertanian saat ini.

Koordinator GMC Pasuruan Yunio mengatakan model pengelolaan pertanian makin berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dia menyebut pada zaman dahulu, agar bisa bertani harus punya lahan luas, tetapi saat ini dengan lahan seadanya masyarakat tetap dapat bertani dengan sistem hidroponik.

"Sistem hidroponik merupakan pengembangan teknologi pertanian, yang mana air mengandung unsur hara diperlukan tumbuhan untuk dialirkan melalui media tanam yang sudah disiapkan," ujar Yunio tertulis, Minggu (26/2).

Menurutnya, krisis pangan global membuat masyarakat dunia mandiri terhadap pangan dengan memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada.

Lahan di Pasuruan, kata Yunio, sudah minim untuk digunakan bertani sehingga sistem hidroponik dinilai paling tepat diaplikasikan oleh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, GMC juga menggandeng Komunitas Pertanian Hidroponik Sayurku.

Ganjar Mienial Center mengenalkan sistem pertanian hidroponik dengan memanfaatkan lahan seadanya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News