Gus Muhaimin Siap Bawa Indonesia Berbudaya Jika Dapat Mandat Memimpin Indonesia

Kamis, 23 Februari 2023 – 12:14 WIB
Gus Muhaimin Siap Bawa Indonesia Berbudaya Jika Dapat Mandat Memimpin Indonesia - JPNN.com Jatim
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (depan paling kanan) becengkerama dengan sejumlah seniman lokal di Padepokan Seni Kirun, Madiun, Rabu malam (22/2). ANTARA/HO-PKB

jatim.jpnn.com, MADIUN - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyebut kegiatan seni dan budaya bisa menjadi penyegar di masa peralihan pascapandemi Covid-19

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri kegiatan penyerahan mandat seniman untuk Indonesia 'Budal Gus' di Padepokan Seni Kirun Madiun, Rabu (22/2).

"Menjelang Pemilu 2024. kegiatan seni dan budaya bisa memberi penyegaran di tengah potensi terjadinya konflik, kekerasan, dan perpecahan," kata Gus Muhaimin.

Dia juga prihatin dengan kondisi atau nasib seniman yang masih kesulitan mendapatkan panggung pasca pandemi Covid-19, terutama di era teknologi media sosial seperti saat ini.

Menurutnya, harus ada bantuan secara langsung yang bersifat promosi demi meningkatkan kapasitas para seniman yang hidupnya sangat sulit. Dia berharap Kemendikbud Ristek memberikan perhatian kepada para seniman dan budayawan lokal.

"Berilah ruang atau panggung. Kalau perlu buatkan pertunjukan-pertunjukan yang menampilkan mereka," katanya.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat itu menyebut para seniman dalam sejarahnya telah berjasa mempersatukan bangsa.

"Para seniman telah berjasa menyuguhkan hiburan dan kebahagiaan di tingkat akar rumput yang tidak bisa diperankan oleh orang lain ataupun negara," ujarnya.

Gus Muhaimin menekankan harus ada upaya untuk meningkatkan mutu produk budaya Indonesia yang sesuai dengan perkembangan zaman dan aplikatif terhadap perkembangan teknologi informasi.

Gus Muhaimin menyatkaan siap membawa Indonesia berbudaya di hadapan para seniman Madiun.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News