Selama Januari-Februari 2023, Magetan Dilanda Longsor 42 Kali

Rabu, 22 Februari 2023 – 12:43 WIB
Selama Januari-Februari 2023, Magetan Dilanda Longsor 42 Kali - JPNN.com Jatim
Arsip - Petugas dari BPBD, personel TNI, Polri, relawan dan warga membersihkan tanah longsor di Desa Plangkrongan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur Selasa (23/1). ANTARA/HO-BPBD Magetan

jatim.jpnn.com, MAGETAN - BPBD Kabupaten Magetan mencatat kejadian longsor di wilayah setempat terjadi sebanyak 42 kali selama Januari hingga Februari tahun 2023.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Eka Wahyudi mengatakan bencana longsor di awal tahun 2023 diakibatkan cuaca ekstrem.

"BPBD mendata sebanyak 42 kali kejadian bencana longsor mulai Januari hingga kemarin (20/2) di Magetan," ujar Eka, Selasa (21/2).

Menurutnya, tanah longsor terjadi di empat kecamatan yang ada di lereng Gunung Lawu, yakni Kecamatan Poncol, Plaosan, Panekan, dan Parang.

"Dari empat kecamatan rawan longsor, paling banyak kejadiannya di wilayah Kecamatan Poncol," katanya.

Untuk menghadapi cuaca ekstrem kali ini, Pemkab Magetan mengalokasikan anggaran belanja tak terduga (BTT) sebesar Rp3 miliar pada tahun ini.

Selain itu, penanggulangan longsor juga dilakukan melalui upaya edukasi dan mitigasi dini, khususnya di wilayah desa tangguh bencana (destana) yang risiko terjadinya bencana alam cukup tinggi.

BPBD juga meminta warga yang tinggal di daerah rawan longsor, seperti Kecamatan Parang, Poncol, Panekan, dan Plaosan lebih waspada saat hujan deras melanda berjam-jam.

Kabupaten Magetan dilanda longsor sebanyak 42 kali dalam kurun waktu Januari hingga Februari 2023.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News