Hujan Lebat Berhari-hari, 2 Dusun di Kabupaten Madiun Longsor

Jumat, 17 Februari 2023 – 13:44 WIB
Hujan Lebat Berhari-hari, 2 Dusun di Kabupaten Madiun Longsor - JPNN.com Jatim
Kondisi longsor yang terjadi di Dusun Tegir Desa Padas Kecamatan Dagangan. Foto: Febri for JPNN

jatim.jpnn.com, MADIUN - Hujan lebat menyebabkan kawasan di Dusun Glatik (Desa Sagulung) dan Dusun Tegir (Desa Padas), Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun longsor, Kamis (16/2).

Sekretaris Desa Padas Masiyo mengungkapkan longsor yang terjadi di Dusun Tegir mengakibatkan talud pondasi penahan rumah warga sepanjang 20 meter dan tinggi sepuluh meter rusak.

"Longsor terjadi jam 17.00 WIB. Berawal dari hujan lebat sejak beberapa hari. Kurang lebih empat hari. Siang-malam hujan terus," ujar Masiyo, Jumat (17/2).

Dia juga menyampaikan longsor juga menyebabkan jalan poros desa tidak bisa dilewati sehingga pihaknya dibantu TNI dan Polri untuk memperbaiki jalan agar bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat.

"Itu (jalan) masih kami tangani. Kami usahakan bisa dilalui. Gotong royong berjalan lancar bersama masyarakat. Struktur tanah di sini mudah bergeser. Sudah ada retakan tanah dua titik," katanya.

Adapun longsor yang terjadi di Dusun Glatik (Desa Saguling) membuat talud penahan rumah warga setinggi lima meter dengan panjang sepuluh meter roboh. Pemilik rumah yang berada tepat di atas reruntuhan pasir pun resah.

Warga setempat, Sunarso mengaku khawatir lantaran rumahnya turut terbawa gerusan tanah.

"Ini wilayah lereng Gunung Wilis beberapa waktu terakhir diguyur hujan deras. Kondisi tanah yang gembur berpotensi terjadi longsor," ucap Sunarso. (mcr23/jpnn)

Longsor melanda dua dusun di Kabupaten Madiun setelah kawasan itu diguyur hujan deras berhari-hari.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News