Tarian Sufi Karnaval Kebudayan Harlah 1 Abad NU Pecahkan Rekor MURI

Selasa, 07 Februari 2023 – 22:26 WIB
Tarian Sufi Karnaval Kebudayan Harlah 1 Abad NU Pecahkan Rekor MURI - JPNN.com Jatim
Tarian Sufi terpanjang pada Harlah 1 Abad NU pecahkan rekor muri. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Karnaval kebudayaan nusantara digelar untuk memeriahkan Harlah 1 Abad NU, Selasa (7/2).

Selain menampilkan kebudayaan khas nusantara, seperti Reog Ponorogo dan Tari Saman, karnaval Kebudayaan juga menampilkan Tari Sufi asal Turki.

Penampilan Tari Sufi pada Karnaval Kebudayaan itu memecahkan rekor MURI pertunjukan terpanjang, yakni mulai dari Kantor Pemkab Sidoarjo lalu depan Masjid Agung dan perempatan Babalayar.

Tak berhenti disitu, penari juga ada yang disebar di Jalan Pahlawan, Sidoarjo. Titik dimana venue utama Harlah NU 1 Abad digelar.

Salah satu panitia, Irvan mengatakan jumlah peserta Tari Sufi ada 400 orang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

“Kalau dihitung-hitung panjang pertunjukan ini sekitar dua kilometer tiap 10 meter ada 1 penari," ujar Irvan.

Salah satu penari, Denta Aria Dipa Pratama (18) santri asal Ponpes Miftahul Ulum Jagong Malang mengatakan Tarian sufi memiliki banyak makna atau filosofi.

“Dapat membantu seseorang untuk menghubungkan jiwa dan tubuh, membawa sang penari untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta, serta membantu merevitalisasi energi dari dalam diri saat menari karena sufi tidak mengharapkan suatu imbalan apa pun," ucap Denta. (mcr23/jpnn)

Tarian Sufi terpanjang pada Harlah 1 Abad NU pecahkan rekor muri. Pertunjukan itu mencapai beberapa kilometer panjangnya.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News