Bocah 6 Tahun di Jember Keracunan Chiki Ngebul, Kenali Bahayanya

Sabtu, 14 Januari 2023 – 16:36 WIB
Bocah 6 Tahun di Jember Keracunan Chiki Ngebul, Kenali Bahayanya - JPNN.com Jatim
Petugas Dinkes bersama Satpol PP Jember memberikan soslalisasi tentang bahayanya menjual jajanan Chiki Ngebul bagi kesehatan kepada penjual makanan yang berada di Kecamatan Kencong (ANTARA/HO-Dinkes Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menerima laporan anak berusia enam tahun diduga keracunan nitrogen cair setelah mengonsumsi Chiki Ngebul.

Bocah tersebut berinisial G tinggal di Kecamatan Puger. Dia membeli jajanan tersebut di wilayah Kecamatan Kencong.

“Gejala yang timbul dalam pencernaannya seperti mual, muntah, nyeri, dan diare,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember dr Koeshar, Jumat (13/1).

Gejala tersebut terus dirasakan si anak selama beberapa hari dan dari hasil diagnosis dinyatakan mengalami infeksi pada pencernaan. Walhasil dilakukan pemeriksaan dan tindakan operasi bedah.

“Pasien sudah menjalani operasi dan kondisinya dikabarkan membaik di salah satu rumah sakit swasta Jember, tetapi masih perlu penanganan intensif dari tim medis. Kami terus memantau perkembangannya,” tuturnya.

Penggunaan nitrogen cair untuk makanan tak boleh langsung dikonsumsi lantaran bisa menimbulkan berbagai efek samping, seperti sesak napas, infeksi pada pencernaan, dan trauma pada organ pencernaan.

“Kami gencar melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen seperti Chiki Ngebul karena membahayakan kesehatan,” jelasnya.

Dinkes Jember juga melakukan langkah-langkah antisipasi agar kasus serupa tak terjadi kembali dengan menggandeng Satpol PP. Pihaknya mengimbau para pedagang agar menjual jajanan yang tidak berbahaya.

Seorang bocah berusia enam tahun di Jember keracunan nitrogen cair setelah mengonsumsi jajanan bernama Chiki Ngebul.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News