Unair Kirimkan 1,22 Juta Dosis Vaksin InaVac ke Kemenkes, Semoga Jatim Kebagian

Rabu, 04 Januari 2023 – 14:08 WIB
Unair Kirimkan 1,22 Juta Dosis Vaksin InaVac ke Kemenkes, Semoga Jatim Kebagian - JPNN.com Jatim
Vaksin COVID-19 buatan Universitas Airlangga Surabaya yang diberi nama INAVAC. (ANTARA/HO-Humas Unair)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 1,22 juta dosis vaksin InaVac buatan Universitas Airlangga (Unair) telah dikirimkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk digunakan untuk orang dewasa.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Community Development Unair Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan untuk vaksin penguat InaVac masih menunggu pengecekan dari BPOM.

"Sekarang setiap batch produk vaksin dicek BPOM walaupun sudah mendapat EUA (emergency use authorization). Bukan berarti langsung dikirim, tetapi dicek lagi supaya tidak terjadi residu yang tak diinginkan, aman, kemudian dikirim," jelas Prof Nyoman, Selasa (3/1).

Vaksin Covid-19 

itu, kata dia, sudah siap dikirimkan ke 34 provinsi Indonesia. Dia berharap Jawa Timur kebagian dosisnya.

"Kami telah mengirim surat melalui Ibu Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa) ke Kemenkes agar masyarakat Jatim turut menikmati vaksin dari jumlah yang sudah dikirim tersebut," katanya.

Tahun ini, tim peneliti dari Unair masih melanjutkan meneliti vaksin tersebut agar bisa digunakan untuk anak-anak, remaja, dan penguat remaja atau booster.

Sebab, pada tahun 2022, para peneliti masih fokus pada penelitian vaksin untuk digunakan orang dewasa.

Unair mengirimkan sebanyak 1,22 juta dosis vaksin InaVac untuk orang dewasa ke Kemenkes yang akan didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News