Peringatan Dini Cuaca Ekstrem untuk Masyarakat Pamekasan, Simak Baik-Baik!

Rabu, 28 Desember 2022 – 19:53 WIB
Peringatan Dini Cuaca Ekstrem untuk Masyarakat Pamekasan, Simak Baik-Baik! - JPNN.com Jatim
Tim BPBD Pemkab Pamekasan, Jawa Timur, memantau situasi di pantai di Pamekasan, Rabu (28/12/2022). (ANTARA/Abd. Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem berupa angin kencang dan gelombang tinggi sejumlah pesisir pantai di daerah itu.

"Sesuai rilis yang kami terima dari BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi mulai hari ini hingga 1 Januari 2023," kata Kalaksa BPBD Pamekasan Amin Jabir, Rabu (28/12).

Selain itu, BMKG juga memprakirakan terjadi gelombang tinggi 2-4 meter di perairan Jawa Timur mulai 28 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

"Karena itu, diimbau kepada masyarakat yang bepergian ke luar rumah, khususnya yang berwisata di daerah Pantai Jumiang, Talang Siring, serta daerah pantai lainnya, agar meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Amin menuturkan cuaca buruk telah melanda Pamekasan berupa angin kencang dan hujan deras sejak beberapa hari lalu dan menyebabkan 49 rumah warga rusak.

Selain itu, cuaca buruk juga mengakibatkan jalan nasional di wilayah Pantai Utara Pamekasan ambles dan merusak 27 unit perahu nelayan di dua desa Kecamatan Tlanakan, yakni Desa Kramat dan Bandaran.

"Kami memang telah membentuk tim khusus sebagai upaya antisipasi dan gerak cepat apabila terjadi bencana. Namun, kesadaran masyarakat juga menjadi penting untuk menekan risiko bencana," tuturnya.

Amin juga meminta masyarakat agar proaktif mengikuti perkembangan cuaca rilis dari institusi itu yang disampaikan melalui media massa dan media sosial milik BPBD Pemkab Pamekasan. (antara/faz/jpnn)

'Sesuai rilis yang kami terima dari BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi mulai hari ini hingga 1 Januari 2023,' kata Kalaksa BPBD Pamekasan Amin Jabir

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News