DLH Kota Surabaya Targetkan Semua Rumah Punya Jamban Tahun Depan

Kamis, 03 November 2022 – 13:15 WIB
DLH Kota Surabaya Targetkan Semua Rumah Punya Jamban Tahun Depan - JPNN.com Jatim
Kepala DLH Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro. Foto : Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya menargetkan semua rumah di Kota Pahlawan harus mempunyai jamban pada 2023.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan nantinya Pemkot akan merancang peraturan wali kota (perwali) yang baru guna memudahkan pembuatan jamban di seluruh rumah kota setempat.

"Perwali sebelumnya tertulis untuk membuat jamban, harus mempunyai alasan atau pertimbangan yang kuat," kata Hebi, Rabu (2/11).

Selain harus memiliki rekomendasi yang kuat, Hebi menyebut kriteria penerima bantuan pembuatan jamban juga sangat terperinci sekali dan jelas identitasnya. Akibatnya, itu kemudian menjadi batu sandungan.

"Oleh karena itu, kami sedang berupaya mengubah perwali lama agar pembangunan jamban bisa dilaksanakan," ujar Hebi.

Terlepas alasannya tidak jelas, tetapi faktor yang dipertimbangkan karena menyangkut kesehatan dan lingkungan.

"Setiap tahunnya, kami telah melakukan pemasangan ratusan jamban. Kami memperkirakan pada 2023 permintaan jamban warga meningkat hingga ribuan," tuturnya.

Berdasarkan data yang dihimpun DLH, Hebi menerangkan pihaknya sudah melaksanakan pemasangan jamban pada 2020 sebanyak 400 jamban.

Pemkot bakal buat perwali baru guna memudahkan pembuatan bantuan jamban di Kota Surabaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News