Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Pemenuhan Gizi Ibu Hamil tuk Cegah Stunting

Minggu, 30 Oktober 2022 – 14:44 WIB
Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Pemenuhan Gizi Ibu Hamil tuk Cegah Stunting - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan paket bantuan pemenuhan gizi kepada ibu hamil di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. (ANTARA/HO Pemprov Jatim)

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Pemenuhan kebutuhan gizi ibu, terutama selama masa kehamilan, menjadi perhatian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu dalam upaya untuk mencegah stunting, kekurangan gizi kronis yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu sehingga badannya menjadi tengkes.

Khofifah mengatakan pemprov memberikan bantuan berupa makanan tambahan serta suplemen zat besi dan asam folat untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil.

Di antaranya melalui paket bantuan berupa uang tunai dari BAZNAS Jawa Timur senilai Rp250 ribu, paket perlengkapan bayi, dan paket sembako kepada 77 ibu hamil di Sidoarjo.

"Pemberian bantuan kepada ibu hamil itu diharapkan menjadi bagian pencegahan stunting yang dimulai sejak bayi dalam kandungan," katanya, Minggu (30/10).

Dia juga mengemukakan pentingnya pemenuhan gizi, pemberian imunisasi dasar lengkap, dan pemantauan tumbuh kembang pada 1.000 hari pertama kehidupan anak, yang merupakan periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, Gubernur mengatakan bahwa upaya pencegahan stunting membutuhkan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak, termasuk perwakilan lembaga lintas sektor yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting.

"Masyarakat juga diminta untuk melakukan deteksi dini melalui pemantauan tumbuh kembang secara rutin di posyandu," ucapnya. (antara/faz/jpnn)

'Pemberian bantuan kepada ibu hamil itu diharapkan menjadi bagian pencegahan stunting yang dimulai sejak bayi dalam kandungan,' kata Gubernur Jatim Khofifah.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News