Pantai Gemah Tulungagung Rusak Parah Diterjang Longsor, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

Selasa, 11 Oktober 2022 – 13:39 WIB
Pantai Gemah Tulungagung Rusak Parah Diterjang Longsor, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar - JPNN.com Jatim
Kondisi kawasan Pantai Gemah yang sebagian amblas tergerus banjir di sertai longsor di Pantai Gemah, Tulungagung, Selasa (10/10/2022). ANTARA/HO-Dok warga

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Banjir disertai longsor yang menerjang kawasan wisata pesisir selatan Kabupaten Tulungagung membuat Pantai Gemah rusak parah pada Senin (10/10) malam.

Meski tidak ada korban jiwa, kerusakan infrastruktur dan bangunan di kawasan pantai yang ramai dikunjungi wisatawan itu tergolong parah.

Akses jalur lintas selatan (JLS) di dekat Pantai Gemah terputus akibat tertutup material longsor, puluhan bangunan mayoritas merupakan warung roboh, jalan di area wisata amblas, dan sebagian besar daratan tergerus banjir cukup dalam.

Banyak kendaraan pengunjung dan warga sekitar rusak, hilang ataupun tertimbun material longsor. Banyak wisatawan membatalkan niat mereka menikmati keindahan di Pantai Gemah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Bambang Ernawan mengatakan pihaknya akan segera melakukan revitalisasi.

Saat ini masih berkoordinasi dengan instansi terkait agar penanganan di Pantai Gemah segera selesai.

"Kami belum bisa memastikan proses revitalisasi, tetapi yang jelas segera mungkin. Untuk pembersihan skala kecil sudah mulai dilakukan hari ini," ujar Bambang.

Pantai Gemah ditutup untuk sementara waktu. Namun, jika kondisi sudah pulih akan segera dibuka kembali sesegera mungkin.

Kerusakan parah yang terjadi di kawasan wisata Pantai Gemah, Kabupaten Tulungagung akibat longsor ditaksir mencapai Rp 1 miliar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News