Harga Terjun Bebas, Petani di Jember Bagikan 1 Kuintal Tomat Gratis

Sabtu, 24 September 2022 – 23:59 WIB
Harga Terjun Bebas, Petani di Jember Bagikan 1 Kuintal Tomat Gratis - JPNN.com Jatim
Ketua Forum Komunikasi Petani Jember Jumantoro (kiri) menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan aksi bagi-bagi tomat gratis dalam rangka Hari Tani Nasional di depan Kantor Pemkab Jember, Sabtu (24/9/2022) (ANTARA/Zumrotun Solichah)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Petani di Jember membagikan tomat secara cuma-cuma atau gratis memperingati Hari Tani Nasional di depan kantor pemkab setempat, Sabtu (24/9).

Tomat gratis itu merupakan bentuk protes petani karena anjloknya harga selama seminggu terakhir. Harapannya ada kebijakan yang berpihak kepada mereka di momen perayaan Hari Tani Nasional.

"Kami membagi-bagikan tomat secara gratis kepada masyarakat karena dijual pasti rugi. Harganya terjun bebas di tingkat petani, yakni Rp 500 hingga Rp 600 per kilogram," kata Ketua Forum Komunikasi Petani Jember Jumantoro.

Dia menyebut lahan yang ditanami tomat di Jember seluas 100-200 hektare dan sebagian besar petani tomat merugi, bahkan beberapa di antaranya memilih tak memanennya.

Pihaknya ingin menyuarakan aspirasi petani yang masih jauh dari harapan meningkatkan kesejahteraannya.

"Petani menghadapi kondisi yang sangat kritis di tengah kenaikan harga BBM sehingga kami berharap ada intervensi dari pemerintah pusat, provinsi, dan daerah untuk peduli dengan nasib petani," tuturnya.

Dia berharap pemerintah bisa membuat kebijakan yang berpihak kepada petani dan meninjau ulang kebijakan Permentan 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Alokasi dan HET Pupuk Subsidi.

"Kami berharap pemerintah juga mengalokasikan anggaran yang cukup di sektor pertanian, yakni minimal lima persen dalam APBN karena negara Indonesia adalah negara agraris," ujarnya.

Petani di Jember protes dengan membagikan tomat secara gratis karena harganya terjun bebas di kisaran Rp 500-600 per kilogramnya.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News