Mantan Pimpinan KPK Ajak Ribuan Mahasiswa Baru Unusa Jadi Generasi Antikorupsi

Senin, 05 September 2022 – 21:01 WIB
Mantan Pimpinan KPK Ajak Ribuan Mahasiswa Baru Unusa Jadi Generasi Antikorupsi - JPNN.com Jatim
Rektor Unusa, Prof. Achmad Jazidie saat memberi piagam ke Wakil Ketua KPK RI Prof. Dr. Haryono Umar seusai memaparkan belajar anti korupsi dihadapan mahasiswa baru. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mantan Wakil Ketua KPK RI Prof. Dr. Haryono Umar menyampaikan konsep anti-KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) di hadapan 1.520 mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Senin (5/9).

Menurutnya, hal tersebut penting untuk diajarkan supaya generasi muda penerus bangsa menjadi orang-orang yang antikorupsi.

Dalam pemaparannya, Haryo menjelaskan korupsi dipandang sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Maka dari itu, upaya yang luar biasa dibutuhkan pula dalam pemberantasannya.

“Upaya pemberantasan korupsi yang terdiri dari dua bagian besar, yaitu penindakan dan pencegahan,” kata Haryo.

Menurutnya, upaya tersebut tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa melibatkan peran serta masyarakat.

“Mahasiswa sebagai pewaris masa depan, diharapkan dapat terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia,” ujarnya.

Keterlibatan mahasiswa tentu tidak pada upaya penindakan yang merupakan kewenangan institusi penegak hukum.

Peran aktif mahasiswa diharapkan lebih difokuskan pada upaya pencegahan korupsi dengan ikut membangun budaya antikorupsi di masyarakat.

Di hadapan ribuan mahasiswa, mantan Wakil Ketua KPK RI memberikan pemaparan untuk belajar dan memahami konsep antikorupsi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News