Kecurigaan Wali Kota Eri Terbantahkan, Anak Buahnya Beber Hasil Lab

Senin, 29 Agustus 2022 – 16:53 WIB
Kecurigaan Wali Kota Eri Terbantahkan, Anak Buahnya Beber Hasil Lab - JPNN.com Jatim
Busa yang menutupi Sungai Kalisari Damen Surabaya awal Agustus lalu. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kecurigaan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seputar penyebab kemunculan busa yang sempat memenuhi Sungai Kalisari Damen awal Agustus lalu terbantahkan.

Sebelumnya, Wali Kota Eri curiga bahwa busa yang begitu masif itu bukan karena limbah rumah tangga, melainkan industri.

Kecurigaan itu muncul bukan tanpa sebab. Pasalnya, busa tersebut begitu banyak, bahkan beterbangan hingga permukiman penduduk yang berada di dekat sungai.

"Pasti dari perusahaan besar kalau sampai seperti itu, tetapi kami juga tidak bisa menyimpulkan itu. Kami juga kan punya asas praduga tak bersalah," tuturnya, Rabu (3/8).

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya pun baru saja mengeluarkan hasil uji laboratorium air Sungai Kalisari Damen.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan berdasarkan hasil uji lab, penyebab berbusanya Sungai Kalisari Damen dipastikan bukan karena limbah industri.

"Di sekitar wilayah Sungai Kalisari Damen, tidak ada keberadaan kawasan perindustrian. Jadi, penyebabnya faktor limbah rumah tangga," ucap Hebi, Senin (29/8).

Hebi juga memerinci limbah rumah tangga yang dimaksud dalam kejadian itu berasal dari usaha kecil sehingga alirannya langsung masuk ke sungai.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menduga busa Sungai Kalisari Damen diakibatkan limbah industri, tetapi anak buahnya punya pendapat berbeda.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News