Penyebab Seseorang Menderita Kleptomania, Nomor 6 Tak Disangka

Kamis, 18 Agustus 2022 – 09:04 WIB
Penyebab Seseorang Menderita Kleptomania, Nomor 6 Tak Disangka - JPNN.com Jatim
Ilustrasi kleptomania. Foto : Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Mencuri adalah perbuatan dilarang dan bisa membuat Anda berada dalam masalah karena masuk dalam rana kriminal.

Namun, ada penyakit mental yang membuat seseorang nekat mencuri tanpa memikirkan akibatnya yang disebut Kleptomania.

Penyakit tersebut mengacu pada gangguan kontrol impuls, di mana seseorang mengembangkan ketidakmampuan menahan dorongan untuk mencuri.

Biasanya, penderita Kleptomania akan memilih barang yang umumnya tidak mereka butuhkan dan cenderung memiliki nilai yang kecil.

Meskipun kondisi tersebut jarang terjadi, kleptomania menyebabkan tekanan emosional terhadap diri sendiri dan orang yang dicintai.

Gangguan ini disertai dengan masalah pengendalian diri dalam perilaku dan emosi.

Ketika memiliki masalah pengendalian impuls, orang tersebut tidak bisa menahan godaan untuk melakukan hal-hal yang berbahaya atau berlebihan kepada diri sendiri atau orang lain.

Kondisi tersebut juga memaksa seseorang menjalani kehidupan rahasia yang memalukan karena merasa takut untuk mencari bantuan medis.

Ada beberapa penyebab seseorang menderita penyakit kleptomania yang harus Anda ketahui dan salah satunya ialah karena riwayat keluarga.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News