Vaksinasi Booster ke-2 untuk Nakes di Surabaya Mulai Awal Agustus Ini

Rabu, 03 Agustus 2022 – 16:44 WIB
Vaksinasi Booster ke-2 untuk Nakes di Surabaya Mulai Awal Agustus Ini - JPNN.com Jatim
Pelaksanaan vaksinasi di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya akan melaksanakan vaksinasi booster ke-2 untuk tenaga kesehatan (nakes) pada minggu pertama Agustus 2022.

Pelaksanaan vaksinasi menunggu pengedropan vaksin di Kota Surabaya. Sembari menunggu, Dinkes Surabaya tengah menyiapkan teknis pelaksanaan kegiatan.

Kepala Dinkes Surabaya mengatakan pelaksanaan vaksinasi booster ke-2 untuk nakes itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Nomor SR.02.06/C/3632/2022 yaitu terkait Regimen Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan Kedua (Booster Ke-2) bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM Kesehatan).

“Rencananya vaksinasi booster ke-2 di Kota Surabaya menyasar 20 ribu tenaga kesehatan yang siap vaksin dan akan terus di-update dari data dashboard KPCPEN,” ujar dia

Naniek mengatakan vaksin yang dialokasikan oleh pemerintah pusat ke kabupaten/Kota memiliki masa kedaluarsa yang sangat pendek.

“Mangkanya, Kota Surabaya mengajukan permintaan tahap I sejumlah 5.000 dosis dan akan melakukan pengajuan bertahap sesuai kebutuhan dengan tetap mempertimbangkan laju vaksinasi dan masa ED vaksin yang akan didrop,” kata Naniek.

Untuk jenis vaksin yang digunakan nantinya, itu menyesuaikan riwayat vaksinasi booster pertama yang telah didapatkan oleh peserta.

“Tentunya dengan memperhatikan masa interval enam bulan sejak vaksinasi dosis pertama,” ucap Naniek.

Nakes di Surabaya bakal dapat vaksin booster kedua pada minggu pertama Agustus ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News