Bupati Malang Miris Masih Ada Keluarga yang Pasung Kerabatnya ODGJ

Selasa, 26 Juli 2022 – 23:00 WIB
Bupati Malang Miris Masih Ada Keluarga yang Pasung Kerabatnya ODGJ - JPNN.com Jatim
Bupati Malang M Sanusi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Malang)

jatim.jpnn.com, MALANG - Bupati Malang Sanusi miris dengan masih adanya masyarakat yang sampai hati memasung salah satu anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa.

Menurutnya, tindakan itu salah kaprah karena pasien itu sebenarnya membutuhkan perawatan secara medis karena mereka masih berpotensi untuk sembuh.

"Menurut medis, semua ODGJ itu dapat disembuhkan dan penyelesaiannya bukan dipasung, tetapi dibawa ke rumah sakit jiwa," ujarnya.

Oleh karena itu, dia mencanangkan program Bebas Pasung. Sanusi mengimbau seluruh masyarakatnya yang memiliki kerabat mengidap gangguan jiwa untuk membawa mereka ke rumah sakit jiwa.

Selain itu, masyarakat bisa melapor ke Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Pasalnya, pembiayaan semuanya sudah dibantu oleh pemda.

Salah satunya melalui sinergi dengan BPJS Kesehatan. Biaya perawatan ODGJ nantinya akan disalurkan melalui anggaran Jaminan Kesehatan Daerah yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten Malang.

"Harapannya, para pasien bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang layak. Dengan demikian, kelak mereka dapat kembali kepada keluarga serta mendapatkan hak-haknya secara layak,” ucap Sanusi. (mcr26/faz/jpnn)

Bupati Malang meminta masyarakat tidak lagi memasung kerabat yang mengalami gangguan jiwa. Begini solusinya.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News