Eri Cahyadi Temukan Salah Satu Penyebab Genangan Air di Pusat Kota Surabaya

Senin, 18 Juli 2022 – 23:26 WIB
Eri Cahyadi Temukan Salah Satu Penyebab Genangan Air di Pusat Kota Surabaya - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mengecek saluran air. Foto: Diskominfo Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengecek langsung sejumlah lokasi pengerjaan konektivitas saluran atau box culvert di Jalan Embong Kenongo, Jalan Simpang Pojok, Jalan Simpang Dukuh, dan Jalan Praban, Senin (18/7).

Mantan Kepala Bappeko Surabaya tersebut tak segan terjun ke dalam gorong-gorong untuk melihat kondisi di dalam saluran yang tengah dikerjakan untuk mengatasi genangan di pusat kota.

"Genangan yang terjadi di kawasan Jalan Panglima Sudirman disebabkan drainase di lokasi tersebut tidak mampu menampung beban air saat hujan deras," ujar Eri.

Dampaknya, air di kawasan itu mengalir hanya menuju ke Pompa Grahadi. Sementara itu, jaringan saluran pembuangan air kotor yang ada di pedestrian Jalan Kayoon tidak pernah terbebani aliran air dari Jalan Panglima Sudirman.

"Ternyata dari saluran utama yang berukuran dua meter tadi mengalir menuju ke drainase kecil di kawasan Jalan Embong Kenongo yang berukuran 60 sentimeter. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan di kawasan pusat kota," tuturnya.

Dengan demikian, jika hujan deras turun, saluran air di kawasan Jalan Taman Apsari tidak terlalu terbebani. Pasalnya, aliran air yang berada di kawasan Taman Apsari ke depan akan terbagi menuju ke Rumah Pompa Kenari dan Pompa Grahadi.

Eri juga meminta DSDABM apabila mengerjakan box culvert, saluran yang ada bisa dimanfaatkan jadi satu kesatuan.

Menurut Eri, makin tinggi lokasi penampungan air yang ada di bawah pedestrian, itu justru akan kian bagus.

Ini penyebab terjadinya genangan air di pusat kota Surabaya jika hujan deras mengguyur
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News