Jenderal Dudung: Dahulu Kiai Hasyim Asy'ari Sempat Berguru di Sini

Senin, 20 Juni 2022 – 17:35 WIB
Jenderal Dudung: Dahulu Kiai Hasyim Asy'ari Sempat Berguru di Sini - JPNN.com Jatim
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman ziarah ke makam sesepuh ulama Sono yang ada di dalam komplek militer Gudang Pusat Peralatan miliki TNI AD di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). ANTARA /Indra

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menziarahi permakaman sesepuh ulama Sono yang berada di dalam komplek militer Gudang Pusat Peralatan TNI AD di Sidoarjo, Minggu (19/6).

"Hari ini, saya dengan Pangdam V Brawijaya dan juga Bupati Sidoarjo meninjau langsung tempat ini dan ada situs makam leluhur cikal bakal pendiri Nahdlatul Ulama (NU)," katanya seusai ziarah.

Di permakaman itu, terdapat sejumlah makam leluhur, seperti Mbah Muchaiyin, Kiai Abu Mansur, dan Kiai Zarkasi.

"Dahulu, Kiai Hasyim Asy'ari sempat berguru di sini," ujarnya.

Di sisi lain, KSAD pun siap melakukan pinjam pakai lokasi tersebut mengingat lokasi permakaman itu berada di dalam komplek militer.

Harapannya, destinasi itu bisa dikembangkan Pemkab Sidoarjo dan dimanfaatkan untuk masyarakat.

"Nantinya masyarakat bisa berziarah dengan nyaman setelah lokasi tersebut dikembangkan lebih bagus lagi oleh Pemkab Sidoarjo," tutur dia.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan nantinya akses menuju ke lokasi tersebut akan dilebarkan dari akses semula yang hanya sekitar satu meter.

"Nanti, kami ingin revitalisasi masjid yang ada di komplek makam ini karena awal berdirinya Pondok Sono tersebut. Dan kalau dipindahkan, akan mengurangi nilai sejarah," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan sekitar 200 tahun lalu, Sidoarjo merupakan puncak peradaban nasional.

"Karena ulama besar seperti Hasyim Asy'ari, Abdul Karim Lirboyo, Jazuli Ploso Kediri dilahirkan dari tempat ini," ujarnya.

Dia mengatakan pula permakaman di komplek militer itu adalah cikal bakal NU sebab Kiai Haji Hasyim Asy'ari dahulu belajar di Pondok Sono itu.

"Kiai besar bukan hanya kaliber Jawa Timur, melainkan nasional, memondoknya ya di sini," ucapnya. (antara/mcr13/jpnn)

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan lokasi pendiri NU pernah berguru.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News