Peringati Hari Lahir Bung Karno, Wali Kota Surabaya Sampaikan Pesan Begini

Senin, 06 Juni 2022 – 22:49 WIB
Peringati Hari Lahir Bung Karno, Wali Kota Surabaya Sampaikan Pesan Begini - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memperingati Hari Lahir Bung Karno yang jatuh pada Senin ini (6/6) dengan menyampaikan beberapa hal.

Eri mengatakan ada banyak upaya penyimpangan sejarah yang menyebutkan bahwa Bung Karno lahir di Blitar.

Maka dari itu, dia ingin menegaskan bahwa Bung Karno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, tepatnya Kampung Pandean Gang IV, Kelurahan Peneleh.

"Bung Karno itu arek Suroboyo, yang kemudian ditakdirkan dalam keadaan penuh getir berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” ujar Eri.

Bagi Eri, Bung Karno dan Surabaya tak dapat lagi dipisahkan. Menurutnya, Kota Pahlawan bukan hanya tempat lahir Bung Karno.

"Kota ini ada dalam persenyawaan ideologi hidup Bung Karno. Tak heran jika Bung Karno menyebut Surabaya sebagai dapur nasionalisme," tegasnya.

Selain tempat kelahiran, Surabaya menjadi tempat Bung Karno tumbuh besar yang tinggal di rumah Ketua Sarekat Islam Haji Oemar Said Tjokroaminoto di kawasan Peneleh.

"Di tempat itulah, Bung Karno menjadi aktivis dan pemikir yang semuanya itu menjadi awal mula perjuangannya dalam memerdekakan republik ini,” papar Eri.

Pada Hari Lahir Bung Karno ini, Eri Cahyadi menegaskan bahwa Bahwa Proklamator lahir itu lahir di Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News