Warga Pamekasan Harap Waspada, BPBD Sudah Beri Peringatan

Sabtu, 28 Mei 2022 – 20:07 WIB
Warga Pamekasan Harap Waspada, BPBD Sudah Beri Peringatan - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Pemkab Pamekasan, Jawa Timur saat meninjau lokasi bencana tebing longsor di Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Pamekasan. (Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - BPBD Pamekasan menyampaikan peringatan dini adanya potensi bencana banjir menyusul hujan deras di sejumlah wilayah sejak pagi hingga malam pada Jumat (27/5).

"Warga perlu meningkatkan waspada yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Semajid di Kecamatan Kota Pamekasan dan Pademawu," kata Jubir Taruna Siaga Bencana BPBD Pamekasan Agus Budianto.

Peringatan itu dikeluarkan setelah melihat kondisi perkembangan terkini tentang ketinggian air di sejumlah dam, seperti di Dam Samiran, Klampar, Blumbungan dan Bulai.

Hingga pukul 18.50 WIB, ketinggian air pada skala kewaspadaan di Dam Samiran mencapai 80 sentimeter, Klampar sepuluh sentimeter, dan Bulai sepuluh sentimeter.

Untuk kondisi air laut dalam keadaan pasang sehingga air di sungai tak bisa mengalir ke laut.

Sementara di satu sisi, kondisi air laut dalam keadaan pasang, sehingga air di sungai tidak bisa mengalir dengan ke laut.

"Atas dasar itu maka BPBD Pamekasan menetapkan status waspada dan meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan, terutama yang tinggal di sepanjang aliran sungai," ujarnya.

Selain mewaspadai banjir, masyarakat juga diminta waspada terhadap bencana lain yakni angin kencang dan tanah longsor.

Warga Pamekasan sudah diimbau untuk mewaspadai bencana banjir karena dalam beberapa hari terakhir diguyur hujan deras selama seharian.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News