Galeri Seni Rupa Satu Kesatuan, Karya Autentik Perupa di Malang

Selasa, 17 Mei 2022 – 11:22 WIB
Galeri Seni Rupa Satu Kesatuan, Karya Autentik Perupa di Malang - JPNN.com Jatim
Galeri lukisan seni rupa dan tangga yang sengaja diletakkan untuk menjaga keorisinilan karya. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Dalam memperingati Hari Menggambar Nasional pada 14 Mei 2022, belasan perupa di Malang menggelar memamerkan karya dalam galeri seni. Tujuannya untuk mengedepankan saling keterhubungan antara satu lukisan dengan lukisan yang lain.

Agus Mulyono selaku penulis naratif dari pameran tersebut menyatakan adanya gelaran seni rupa yang dominasi hitam dan putih tersebut bertujuan sederhana yakni supaya bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

"Jika pameran pada umumnya sangat ketat penjagaan dan banyak aturan maka galeri ini untuk masyarakat umum, bebas masuk dan menikmati uniknya lukisan seni rupa dan sebenarnya adanya lukisan ini satu kesatuan dan ada hubungan antarlukisan," ucap Agus, Selasa (17/5).

Menurutnya karya yang ditampilkan dibuat seautentik mungkin. Hal tersebut supaya terkesan sederhana dan apa adanya serta tidak mengurangi esensi karya sekaligus makna goresan gambar.

"Ya, seperti adanya tangga ini, kami sengaja tidak memindahkannya supaya lebih otentik, adanya tangga sebagai bukti keikutsertaan memiliki peran," ucapnya.

Dalam galeri sederhana di Dewan Kesenian Malang tersebut diadakan oleh banyak seniman yang terkelompok dalam Supersub Art Community dan baru tahun ini terselenggara di Kota Malang.

"Awalnya di Yogyakarta dan setelah itu di kota-kota besar. Ada ratusan titik galeri di Indonesia dalam rangka menyambut Hari Menggambar Nasional," pungkasnya. (mcr26/jpnn)

Galeri Seni Rupa yang ditujukan saling keterikatan antarlukisan yang dibuat oleh para perupa di Malang.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News