50 Lukisan 'Garis Gathuk' Dipamerkan di Hotel Suites Surabaya, yang Mau Lihat Catat Jadwalnya

Senin, 16 Mei 2022 – 03:03 WIB
50 Lukisan 'Garis Gathuk' Dipamerkan di Hotel Suites Surabaya, yang Mau Lihat Catat Jadwalnya - JPNN.com Jatim
Salah satu pengunjung sedang melihat pameran gambar di Surabaya Suites Hotel. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Forum Drawing Indonesia (FDI) bakal menggelar pameran gambar di Suites Hotel pada 14 Mei hingga 12 Juni 2022.

Ketua pameran gambar, Budi Bi mengatakan pameran tersebut sekaligus memperingati Bulan Menggambar Nasional yang jatuh setiap Mei. Tema yang diambil berupa Garis Gathuk.

Artinya, sebagai garis yang mampu merangkai banyak perbedaan. Aliran yang dihadirkan pun beragam, mulai dari realis, abstrak, dekoratif, hingga fantasi.

Pameran, yang berlangsung selama satu bulan lebih itu akan memamerkan 50 karya. Gambar-gambar tersebut berasal dari 31 seniman dan satu tukang menggambar.

"Ada yang satu seniman bikin karya dua dan ada yang tiga," kata Budi, Minggu (15/5).

Budi menjelaskan gambar yang dipangjan lebih menonjolkam untaian garis membentuk sebuah pola dengan memanfaatkan sejumlah alat, seperti pensil, spidol, tinta, dan krayon.

Hal tersebut yang membedakan teknik menggambar dengan melukis. Sekalipun pada gambaran yang dipamerkan tetap memanfaatkan cat warna.

"Hanya saja yang ditonjolkan ke garis dari pensil. Pensil dan spidol untuk menghasilkan blok yang harus digaris-garis dulu. Kalau cat kan tinggal dikuas," jelasnya.

50 karya menggambar dipamerkan di Surabaya Suites Hotel selama kurung waktu satu bulabn lebih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News