Pemudik Madura Kembali ke Perantauan, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Padat

Jumat, 06 Mei 2022 – 15:13 WIB
Pemudik Madura Kembali ke Perantauan, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Padat  - JPNN.com Jatim
Arus balik Lebaran di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Kamis (5/5/2022) malam (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Arus balik Lebaran mulai terlihat di Pelabuhan Jangkar Situbondo pada Kamis (5/5) malam.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Tri Cahyono menerangkan bahwa pada H+2 Lebaran, warga kepulauan Kabupaten Sumenep, Madura, mulai balik kembali setelah berlebaran di kampung halamannya.

"Jadi, semalam ada dua kapal laut yang mengangkut ratusan pemudik yang balik dari Pulau Kangean dan Raas ke Pelabuhan Jangkar," kata Tri Cahyono, Jumat (6/5).

Dia memerinci kapal feri KMP Dharma Kartika rute Pulau Raas-Jangkar pada H+2 Lebaran mengangkut sebanyak sekitar 320 orang penumpang.

Adapun kapal Hulalo rute Kangean-Jangkar membawa sekitar 100 penumpang .

Menurut Tri Cahyono, arus balik Lebaran mulai tampak terlihat sejak Kamis (5/5) malam, dengan kedatangan dua kapal dari Pulau Raas dan Pulau Kangean.

"Biasanya pemudik dari kepulauan Kabupaten Sumenep, memilih balik lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang. Karena mayoritas warga kepulauan merantau dan bekerja di Pulau Bali, dan harus menyeberang kembali di Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk," katanya.

Dari pantauan, pada Kamis (5/5) malam, KMP Dharma Kartika yang mengangkut ratusan penumpang dari Pulau Raas tiba di Pelabuhan Jangkar sekitar pukul 19:30 WIB.

Tidak berselang lama kapal Hulalo dari Pulau Kangean juga tiba di Pelabuhan Jangkar dengan membawa seratusan orang penumpang.

Arus balik mulai terlihat di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Begini penjelasan dari pengelola pelabuhan setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News