Gus Salam: Nasihat Kiai Jangan Diasumsikan Macam-macam

Senin, 25 April 2022 – 20:12 WIB
Gus Salam: Nasihat Kiai Jangan Diasumsikan Macam-macam - JPNN.com Jatim
Wakil Ketua PWNU Jatim Kiai Abdussalam Sokhib alias Gus Salam. Foto: Dok. Pribadi Yusron untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Video penamparan KH Syukron Makmun terhadap anggota Banser lantaran lebih memilih menjaga gereja ketimbang kiai viral di media sosial Twitter.

Hal tersebut mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Kiai Abdussalam Sokhib alias Gus Salam. Dia mengatakan apa pun pernyataan kiai harus dijadikan introspeksi.

"Artinya, bagi Banser juga dibuat introspeksi, apakah dawuh kiai itu memang fakta. Kalau fakta maka ada hasil perbaikan," kata Gus Salam, Minggu (24/4).

Oleh karena itu, Gus Salam meminta agar tidak mengasumsikan nasihat kiai macam-macam. Seharusnya bisa menerimanya dengan lapang dada.

"Jangan menjadikan dawuh kiai sebagai sesuatu yang kita asumsikan macam-macam. Kita terima dengan lapang dada sebagai nasihat orang tua kepada anaknya atau kiai kepada santrinya," tuturnya.

Menurutnya, Banser masih dalam jalurnya, yakni menjaga kiai. Apabila ada yang menjaga gereja hal itu berniat menjaga negeri ini.

"Seperti yang didawuhkan oleh Gus Dur, bahwa kita menjaga Indonesia agar aman, sentosa, nyaman, dan rakyat merasa terayomi," tandas Gus Salam. (mcr12/jpnn)

Gus Salam meminta masyarakat agar tidak mengasumsikan nasihat kiai macam-macam, lebih baik menerimanya dengan lapang dada.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News