Sebabkan Puluhan Rumah Warga Bangkalan Rusak, Polisi Siap Keluar Duit

Selasa, 19 April 2022 – 09:30 WIB
Sebabkan Puluhan Rumah Warga Bangkalan Rusak, Polisi Siap Keluar Duit - JPNN.com Jatim
Pemusnahan barang bukti petasan hasil sitaan petugas Polres Bangkalan di lapangan tembak Kodim 0829 Bangkalan, Rabu (13/4/2022). ANTARA/HO-Polres Bangkalan

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Puluhan rumah warga Bangkalan mengalami kerusakan akibat kegiatan pemusnahan petasan oleh jajaran polres setempat pada 15 April lalu.

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino menyatakan pihaknya siap mengganti rugi.

"Jumlah rumah warga yang dilaporkan rusak akibat getaran ledakan petasan itu sementara 30-an. Kami siap memberikan ganti rugi sesuai dengan jumlah kerugian yang mereka alami," kata Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino, Senin (18/4).

Dalam giat pemusnahan itu, total jumlah petasan dan bubuk mesiu yang diledakkan Tim Jihandak Gegana Satbrimob Polda Jatim seberat 1 kuintal.

Petasan itu terdiri atas 23.900 buah mercon jenis slengdor ukuran kecil, 317 buah mercon jenis slengdor ukuran sedang, 4 sak sulfur, 10 sak potasium chlorate masing-masing seberat 25 kilogram atau dengan jumlah total 255 kilogram.

Berikutnya sebanyak 10 ikat lidi untuk pemasang mercon, 1 set timbangan, 3 kilogram arang, lalu 3 ikat karung semen bekas, 5 kardus sumbu, dan 115,5 kilogram black powder yang sudah tercampur dan siap pakai.

Menurut Kapolres, sebenarnya bahan peledak petasan yang diledakkan di lapangan tembak Makodim 0829 Bangkalan itu berdaya ledak rendah.

"Akan tetapi, karena jumlahnya banyak, getarannya menjadi kuat, bahkan suara ledakan terdengar hingga radius tiga kilometer dari lokasi pemusnahan," katanya.

Kapolres Bangkalan akhirnya angkat bicara soal giat pemusnahan petasan oleh pihaknya yang menyebabkan puluhan rumah warga rusak.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News