Pengelola Beberkan Asal Api dan Penyebab Kebakaran Mal Tunjungan Plaza, Ternyata dari Sini

Kamis, 14 April 2022 – 20:33 WIB
Pengelola Beberkan Asal Api dan Penyebab Kebakaran Mal Tunjungan Plaza, Ternyata dari Sini - JPNN.com Jatim
Kondisi Mal Tunjungan Plaza Surabaya pasca kebakaran. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengelola Mal Tunjungan Plaza Surabaya menyampaikan perkembangan terkini terkait kebakaran pada Rabu kemarin.

Direktur Marketing Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi mengatakan kebakaran yang terjadi di TP 5 akibat korsleting sirkuit pendingin ruangan atau AC penyuplai bioskop.

"Asal api diduga dari lantai sepuluh rooftop. Api itu berasal dari sirkuit AC yang menyuplai bioskop XXI," kata Sutandi, Kamis (14/4).

Api tersebut dengan cepat merambat lantaran melalui aluminium composite (ACP) building TP 5 yang kemudian membuat fasad (sisi luar bangunan) roboh hingga ke tenant di bawahnya maupun teras.

"Kami memastikan api tidak berasal dari tenant yang ada di dalam mal. Sebab, tidak ditemukan titik api yang menyebabkan kebakaran," jelasnya.

Dia mengakui kalau ada titik api di area kids station lantai empat. Akan tetapi, tidak dari dalam asalnya melainkan dari reruntuhan fasad yang menyebar ke area tersebut.

Sutandi juga menegaskan tidak ada api berasal dari restoran. Tempat tersebut hanya terkena dampak jatuhnya plafon akibat proses pemadaman.

"Tidak ada api berasal dari dalam mal. Tidak ada satu pun tenant yang terdampak dari api, adanya api dari luar yang berdampak dari fasad mal," tegasnya.

Pengelola Mal Tunjungan Plaza menyampaikan penyebab kebakaran di TP 5 tersebut karena hal berikut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News