Nomor WhatsApp Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Dibajak 12 Jam, Modusnya Pinjam Uang

Senin, 28 Maret 2022 – 14:02 WIB
Nomor WhatsApp Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Dibajak 12 Jam, Modusnya Pinjam Uang - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar pembobolan nomor ponsel ketua DPRD Kabupaten Pasuruan meminta uang (Foto: istimewa/Ngopibareng.id)

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Kejadian tak mengenakkan dialami oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan M Sudiono Fauzan. Nomor Whatsapp (WA) miliknya ternyata dibajak oleh orang tak dikenal (hacker).

Nomor WA tersebut dibajak pada Sabtu (26/3) dan dipakai meminjam uang terhadap kontak yang ada di dalam chat aplikasi tersebut. Si pelaku juga menyertakan nomor rekening BJB atas nama Sudiono Fauzan.

"Assalamualaikum, mohon izin sahabat semua nomor WA saya 082232077999 dibajak. Mohon apabila ada permintaan uang itu adalah penipuan," isi pesan pengumuman WA Sudiono yang terkena bajak, Minggu (27/3).

Diduga sudah banyak korban yang percaya atas penipuan tersebut. Politisi PKB itu akhirnya melapor ke Polres Pasuruan.

Dion sapaan akrab Sudiono Fauzan itu mengatakan nomor WA miliknya sudah 12 jam dibajak. Namun, kabar terbaru nomor tersebut sudah pulih.

"Alhamdulillah setelah 12 jam dihack sudah pulih. Beberapa teman jadi korban. Hackernya canggih nama di rekeningnya mirip, tetapi yang membedakan tidak ada 'Muhammad' nya," ujarnya.

Dia mengingatkan agar berhati-hati dan mengamankan ponsel dan nomor WA agar kejadian serupa tak terjadi kepada orang lain.

Peristiwa peretasan berujung penipuan juga pernah terjadi pada akun Facebook Adi Wibowo Wakil Wali Kota Pasuruan. Pelaku diduga telah membobol akun tersebut dan mengirimkan inbox meminta uang dan pulsa.

Selama 12 jam nomor WhatsApp Ketua DPRD Pasuruan M Sudiono Fauzan dibajak untuk meminjam uang
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News