Ratusan Calon Jemaah Haji di Madiun Siap Berangkat, Penyelenggara Masih Pikir-Pikir

Sabtu, 12 Maret 2022 – 22:52 WIB
Ratusan Calon Jemaah Haji di Madiun Siap Berangkat, Penyelenggara Masih Pikir-Pikir - JPNN.com Jatim
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto: Dok. JPNN.com

jatim.jpnn.com, MADIUN - Ratusan calon jemaah haji (CJH) asal Kota Madiun, Jawa Timur siap diberangkatkan ke Tanah Suci menjalankan rukun Islam kelima tersebut pada tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kota Madiun Koirul Kamami mengatakan sebanyak 180 CJH tersebut akan diberangkatkan tahun ini karena Pemerintah Arab Saudi sudah mencabut aturan pencegahan penularan Covid-19.

"Yang berangkat calon jemaah ditunda keberangkatannya dua kali berturut-turut pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19," ujar Koirul, Sabtu (12/3).

Jumlah calon jemaah berkurang dari kuota sebelumnya, yaitu 183 orang. Berkurangnya karena sejumlah alasan, seperti ada yang meninggal dunia dan mengundurkan diri.

Meski siap berangkat, tetapi pihaknya masih menunggu kepastian penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini dari pemerintah pusat dan Arab Saudi.

Kementerian Agama saat ini juga mulai mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan haji sembari menunggu kepastian kebijakan Arab Saudi mengenai pelaksanaannya.

Terkait kondisi saat ini, sambung Koirul, terdapat tiga opsi pemberangkatan haji di tengah pandemi. Pertama, para calon diberangkatkan sesuai jatah apabila tidak ada masalah.

Kedua, jika tidak memungkinkan maka ada pembatasan dengan mengurangi jumlah calon yang akan diberangkatkan, sedangkan opsi ketiga tidak ada pemberangkatan kalau situasi dirasa membahayakan.

Sebanyak 180 calon jemaah haji di Madiun siap berangkat, tetapi pihak penyelenggara menunggu kepastian kebijakan pemerintah pusat dan Arab Saudi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News