Wow! Prof Antoni Sulap Limbah Abu Jadi Bahan Baku Pembuatan Beton

Sabtu, 12 Maret 2022 – 18:34 WIB
Wow! Prof Antoni Sulap Limbah Abu Jadi Bahan Baku Pembuatan Beton - JPNN.com Jatim
Prof. Antoni, S.T., M. Eng., Ph.D., Guru besar Teknik Sipil UK Petra saat menunjukan hasil karyanya yakni fly ash yang disulap menjadi bahan baku pembuatan beton. Foto: Humas UK Petra Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Guru Besar Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya Prof Antoni membuat terobosan baru, yaitu mengubah limbah padat hasil proses pembakaran batu bara menjadi bahan baku beton pengganti semen.

Prof Antoni menjelaskan ide yang tercetus ini bermula dari banyaknya limbah padat yang disebut abu terbang atau fly ash. Limbah tersebut dihasilkan dari proses pembakaran batu bara oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

“Kalau dibuang begitu saja, dibiarkan menumpuk, dan tidak diolah, limbah abu terbang atau fly ash ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan secara masif,” kata Antoni, Sabtu (12/3).

Pada tahun 2021 jumlah limbah fly ash yang dihasilkan di Indonesia berjumlah kurang lebih 8,7 juta ton per tahun. Dari jumlah itu, yang berhasil didaur ulang hanya kurang dari sepuluh persen saja

Oleh karena itu, Prof Antoni meneliti lebih jauh supaya bisa menjadikan limbah fly ash ini menjadi bahan baku beton yang berkualitas dengan mengurangi bahan semennya.

“Sebagai limbah, tidak semua fly ash memiliki kualitas yang baik dan seragam maka dari itu fly ash perlu beberapa tahap evaluasi,” ujarnya.

Selama ini, fly ash sudah mulai dimanfaatkan dalam pembuatan beton di Indonesia, tetapi umumnya hanya dengan kadar rendah untuk menggantikan semen sebesar 20-30 persen saja. Menurutnya, kadar penggunaannya ini masih bisa ditingkatkan kembali hingga 100 persen.

“Kalau sudah bisa memanfaatkannya dengan maksimal maka produksi beton di Indonesia bisa dilakukan secara massal,” ungkapnya.

Limbah abu padat fly ash disulap menjadi bahan pembuatan beton pengganti semen oleh guru besar teknik sipil UK Petra Surabaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News