alexa

Terminal Tulungagung Sepi Tanpa Angkutan di Hari Pertama Larangan Mudik, Calon Penumpang Sampai Kecele

Kamis, 06 Mei 2021 – 22:50 WIB
 Terminal Tulungagung Sepi Tanpa Angkutan di Hari Pertama Larangan Mudik, Calon Penumpang Sampai Kecele - JPNN.com Jatim
Petugas kebersihan berjalan melintasi area pool angkutan bus yang sedang lengang dampak larangan mudik Lebaran di Tulungagung, Kamis (6/5/2021) (ANTARA/Ist)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Terminal Gayatri, Tulungagung, tampak tidak ada satu pun angkutan umum melintas pada hari pertama larangan mudik Lebaran tahun ini.

Koordinator Satpel Terminal Gayatri Tulungagung Dukut Siswantoyo mengatakan hanya beberapa petugas kebersihan yang sesekali membersihkan area B yang menjadi tempat transit bus penumpang.

"Kondisi terminal Gayatri sepi sejak pagi. Tidak ada bus yang masuk,” kata Dukut, Kamis (6/5).

Ketiadaan angkutan umum tak pelak membuat sejumlah penumpang yang tiba di terminal kecele dan memutuskan balik ke tempat tinggal masing-masing.

"Operasional bus sebenarnya tak dilarang sepenuhnya, Cuma itu keputusan dari sejumlah pengusaha bus," tutur Dukut.

Bus sebenarnya masih diperbolehkan beroperasi dengan menyematkan stiker khusus yang diterbitkan Dinas Perhubungan Jawa Timur.

Namun, kebanyakan bus memilih tidak beroperasi karena penumpang yang datang diperkirakan sangat sedikit selama larangan mudik Lebaran.

“Kondisi tersebut membuat biaya yang dikeluarkan untuk mengangkut penumpang tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima,” ujarnya.

Dukut juga menjelaskan sejak adanya larangan mudik pada 22 April-5 Mei, penumpang di Terminal Gayatri sempat mengalami lonjakan pada Minggu (2/5).