Lewat Chinese Paradise 9, Unibaraw Malang Edukasi Bahasa dan Budaya Tiongkok

Sabtu, 20 November 2021 – 18:33 WIB
Lewat Chinese Paradise 9, Unibaraw Malang Edukasi Bahasa dan Budaya Tiongkok - JPNN.com Jatim
Chinese Paradise 9 yang diselenggarakan secara virtual oleh Hima Prodi Sastra Cina Unibraw Malang. Foto: Dok. Unibraw

jatim.jpnn.com, MALANG - Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Cina Universitas Brawijaya memberikan edukasi di bidang bahasa dan kebudayaan Tiongkok pada masyarakat lewat Chinese Paradise 9.

Acara yang mengusung tema 'Perkembangan Budaya Cina' itu memiliki puncak acara berupa Awarding Night.

Rangkaiannya, berupa lomba dan juga materi perkembangan Hanzi (Aksara Cina) dari dosen sekaligus penutur asli bahasa mandarin secara daring, Jumat (19/11) malam.

Ketua Hima Sastra Cina Astrid Cattleya Maharani Wayindra mengatakan Chinese Paradise 9 menyelenggarakan lima cabang lomba yang mencerminkan perkembangan budaya Cina, yaitu lomba Shufa (Kaligrafi Cina), Shuimohua (lukisan tinta cina), membaca puisi, menyanyi, dan Chinese beauty.

“Kami berusaha membangkitkan semangat teman-teman untuk terus produktif dan berlomba meningkatkan potensi diri dan bakatnya. Sehingga, diadakan kembali Chinese Paradise di tahun ini untuk yang kesembilan kalinya," jelas Astrid.

Banyak pengorbanan dilakukan mahasiswa dalam kondisi pandemi ini karena aktivitas yang terbatas. Rangkaian pendaftaran lomba sudah dimulai sejak 4 Oktober 2021 kemudian diakhiri dengan Awarding Night.

"Meskipun kembali dilaksanakan secara daring, besar harapan saya agar Chinese Paradise 9 dapat tetap dilaksanakan dengan meriah lewat awarding night itu," ucap dia.

Salah satu peserta yang mendapatkan juara Metta Seluyren mengungkapkan rasa syukurnya bisa mengikuti kegiatan Chinese Paradise ini.

Melalui Chinese Paradise 9, mahasiswa Unibraw Malang berikan edukasi ke masyrakat
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News