Antisipasi Banjir, Pemkot Lakukan Perantingan dan Pembersihan Sampah di Gorong-Gorong

Rabu, 17 November 2021 – 03:50 WIB
Antisipasi Banjir, Pemkot Lakukan Perantingan dan Pembersihan Sampah di Gorong-Gorong - JPNN.com Jatim
DKRTH Surabaya saat membersihkan gorong-gorong yang dipenuhi sampah. Foto: Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya melakukan pers ringan dan pembersihan sampah di gorong-gorong.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang dan tersendatnya aliran debit air yang mengakibatkan genangan hingga banjir.

Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin mengatakan genangan itu biasa dipicu oleh curah hujan tinggi bersamaan dengan air pasang.

"Itu membuat air antre masuk, tetapi kami bersama tim tetap siaga 24 jam, terutama di pintu air, untuk mengontrol lonjakan debitnya,” jelas Anna, Selasa (16/11).

Masyarakat diminta tidak membuang sampah sembarangan, seperti limbah furnitur yang masih ditemukan di sungai dan sisa makanan serta sayuran di pasar.

"Saat kami membersihkan saluran di kawasan Tidar, isinya lemak-lemak menggumpal dari limbah sisa makanan yang membuat air tidak bisa mengalir,” ungkapnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau proaktif melapor apabila mengetahui kondisi pohon yang membahayakan. Sebab, pohon di Surabaya disiapkan untuk menyerap polusi udara dan membutuhkan perantingan dengan teknik khusus.

“Masyarakat bisa langsung menginformasikan kepada kami melalui Command Center 112. Sehingga, kami bisa cepat melakukan penanganan," imbaunya.

Pemkot melakukan perantingan dan pembersihan gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News