Drainase Diperbaiki, Sebentar Lagi Jalan Akses Bandara Juanda Surabaya Tidak Banjir Lagi

Minggu, 02 Mei 2021 – 09:00 WIB
Drainase Diperbaiki, Sebentar Lagi Jalan Akses Bandara Juanda Surabaya Tidak Banjir Lagi - JPNN.com Jatim
Drainase akses Jalan Bandara Juanda Surabaya tengah diperbaiki untuk menghindari banjir saat hujan. Ilustrasi Foto dok Kementerian PUPR

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Perbaikan drainase akses jalan Bandara Juanda Surabaya sedang dikebut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali ditunjuk dalam pengerjaan proyek itu.

"Kami berharap dapat mengatasi genangan air di musim hujan yang otomatis memperlancar arus lalu lintas menuju Bandara Juanda Surabaya," kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja.

Menurut dia, banjir yang masuk ke saluran drainase baik sisi kiri maupun kanan, berasal dari jalan, pemukiman warga, dan sawah-sawah.

Dia berencana untuk berdiskusi dengan pihak pengelola Bandara Juanda, Pemkab Sidoarjo, BBWS Brantas dan BBPJN Jatim-Bali untuk menyelesaikan pekerjaan lanjutan.

"Pengerjaan drainase sedang dikerjakan, namun perlu dilihat kembali apakah akses jalan Bandara Juanda akan banjir lagi atau tidak ketika hujan nanti," katanya.

Endra mengatakan, penanganan drainase akses jalan Bandara Juanda telah dilakukan sejak 18 Agustus 2020 oleh kontraktor pelaksana PT Cempaka Mas Sejati dengan anggaran Rp 62 miliar dari APBN 2020.

"Sekarang progresnya telah mencapai 93 persen. Mudah-mudahan akhir Mei 2021 bisa selesai," ucap Endra.

Kementerian PUPR mempercepat perbaikan drainase di akses Jalan Bandara Juanda. Wah sebentar lagi gak banjir lagi.
Sumber JPNN.com