PKB Masih Unggul di Jatim, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Jumat, 05 November 2021 – 18:09 WIB
PKB Masih Unggul di Jatim, Gerindra Salip PDI Perjuangan - JPNN.com Jatim
Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt saat memapartkan hasil surveinya di Surabaya, Kamis (4/11/2021). ANTARA/Fiqih Arfan

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PKB disebut akan meraih kemenangan di Jawa Timur seandainya pemilihan umum legislatif (pileg) digelar sekarang.

Begitu kesimpulan dari riset yang dilakukan lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI).

"Raihan PKB mencapai 22,9 persen berdasarkan hasil survei yang kami lakukan di Jatim," kata Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt, Kamis (4/11).

Di bawah PKB, menempel PDI Perjuangan dengan raihan 18,6 persen, disusul Partai Gerindra 13,5 persen. Di urutan keempat dan kelima, yakni Partai Golkar 10,7 persen serta Partai Demokrat 10,3 persen.

Baihaki menjelaskan kalangan Nahdiyin (warga Nahdlatul Ulama) yang merupakan pemilih tradisional di Jatim masih mendominasi sebagai faktor utama raihan suara PKB.

"Dari hasil itu, tampak juga Gerindra berpotensi naik ke peraih suara terbanyak kedua menggeser PDI Perjuangan. Sebab, selisihnya yang tidak jauh dan pemilu masih digelar pertengahan 2024," kata dia.

Sementara itu, populasi survei dilakukan kepada warga Jawa Timur yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dan berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Dari populasi tersebut, dipilih secara random (multistage random sampling) sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar lebih kurang 3 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil dari riset besaran suara parta-partai di Jatim bila dilakukan pemilu saat itu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News