Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Khofifah Singgung Toleransi

Selasa, 19 Oktober 2021 – 15:48 WIB
Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Khofifah Singgung Toleransi - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) di sela peresmian Masjid Jami’ Al Ikhlas di Desa Moropeleng, Kabupaten Lamongan, Selasa (19/10/2021). (ANTARA/Fiqih Arfani)

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau umat Islam menjadikan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum penyempurnaan akhlak.

“Umat Islam wajib mengambil pelajaran dari sosok Nabi Muhammad,” kata Khofifah di sela peresmian Masjid Jami’ Al Ikhlas di Desa Moropelang, Babat, Lamongan, Selasa (19/10).

Menurut mantan Mensos itu, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, salah satu akhlak yang patut dicontoh dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika, yakni sikap toleransi dan saling menghargai dalam memandang keberagaman.

"Keanekaragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa. Perbedaan itu merupakan rahmat,” ujar dia.

Adapun dalam situasi di masa pandemi COVID-19, Khofifah menyampaikan keteladanan Nabi yang patut dicontoh ialah sikap kepedulian kepada sesama.

Hal itu penting lantaran pandemi tidak bisa hanya ditangani oleh pemerintah, tetapi butuh kerja sama semua elemen masyarakat.

Gubernur Khofifah pun optimistis bahwa di balik pandemi ini, ada hikmah yang besar. Salah satunya, peringatan Allah kepada manusia agar senantiasa menjaga dunia beserta isinya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga mengajak umat Islam memohon kepada Allah supaya secepatnya melepaskan seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia dari situasi pandemi. (antara/mcr13/jpnn)

Berikut pesan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terhadap masyarakatnya bertepatan dengan momen Maulid Nabi Muhammad.
Sumber Antara