PPKM Level 1, Lamongan Programkan Integrasi Wisata Demi Tarik Wisatawan

Rabu, 29 September 2021 – 14:43 WIB
PPKM Level 1, Lamongan Programkan Integrasi Wisata Demi Tarik Wisatawan - JPNN.com Jatim
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (ANTARA/HO-Pemkab Lamongan)

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Guna menarik wisatawan ke daerahnya, Pemkab Lamongan segera memprogramkan integrasi wisata seiring status PPKM setempat telah turun menjadi level 1 melalui asesmen Kementerian Kesehatan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menuturkan upaya tersebut bakal dilakukan lewat program 'Gerakan Membangun Pariwisata Ramah Dan Terintegrasi (Ramasinta)'.

Dengan begitu, ke depan, pariwisata bisa terintegrasi dengan pertanian sehingga nantinya menjadi agrowisata, terintegrasi dengan budaya jadi heritage tourism, atau terintegrasi dengan perikanan menjadi minawisata.

"Serta pariwisata yang terintegrasi dengan desa menjadi wisata desa," kata Yuhronur, Selasa (28/9).

Selain itu, pariwisata juga akan diintegrasikan dengan olahraga atau yang biasa disebut sport tourism.

Bupati menjelaskan saat ini pemkab setempat juga sedang gencar menggalakkan gerakan "Ayo Dolen Nang Lamongan". Tujuannya, untuk menggiatkan pemulihan dan pertumbuhan kembali kunjungan wisatawan yang sebelumnya terdampak pandemi COVID-19.

"Sekian lama setelah berhenti akibat pandemi serta pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat, kami canangkan kembali pariwisata," ujar Yuhronur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan Siti Rubikah menilai pariwisata menjadi sektor unggulan yang diharapkan menopang ekonomi daerah setempat dan mampu berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Seiring pemberlakuan PPKM di daerahnya, Bupati Lamongan bakal memprogramkan integrasi wisata guna menarik wisatawan.
Sumber Antara