Begini Strategi Sidoarjo Percepat Vaksinasi Hingga ke Pelosok Desa

Minggu, 17 Oktober 2021 – 01:01 WIB
Begini Strategi Sidoarjo Percepat Vaksinasi Hingga ke Pelosok Desa - JPNN.com Jatim
Peluncuran mobil vaksinasi COVID-19 di Mapolresta Sidoarjo, Jawa Timur. ANTARA/Indra

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Guna menjangkau masyarakat di pelosok desa, Polresta Sidoarjo meluncurkan kendaraan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya percepatan realisasi kekebalan komunal.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro menerangkan kendaraan tersebut akan terus berkeliling ke desa-desa di kabupaten setempat.

"Tujuannya, untuk menjaring masyarakat yang belum menjalani vaksinasi, baik dosis pertama maupun kedua," kata Kombes Kusumo, Sabtu (17/11).

Dia menyampaikan selama ini, vaksinasi keliling dilakukan dengan mengerahkan bus, tetapi kini kendaraan berukuran lebih kecil dikerahkan untuk menjangkau desa hingga ke tingkat RT, terdiri atas dua motor dan tujuh mobil jenis MPV.

"Masing-masing kendaraan mobil membawa tiga tenaga kesehatan serta 100 dosis vaksin COVID-19," tutur dia.

Kombes Kusumo memaparkan kendaraan yang diluncurkan itu akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa untuk mengetahui wilayah mana saja yang membutuhkan serbuan vaksinasi.

Dia mengharapkan dengan adanya kendaraan vaksinasi keliling ke pelosok desa itu, masyarakat yang belum memperoleh vaksin dapat memanfaatkan layanan tersebut.

"Utamanya bagi para lansia, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke gerai vaksin di kota," ucap Kusumo.

Cakupan vaksinasi dosis pertama Sidoarjo saat ini sudah melebihi 71 persen dari target sasaran sekitar 1,6 juta jiwa, sementara dosis kedua 39 persen.

"Untuk vaksinasi bagi lansia dosis pertama masih 43 persen dari target sasaran sekitar 150 ribu," ujar dia. (antara/mcr13/jpnn)

Demi menjangkau masyarakat pelosok dapat mengikut vaksinasi, Polresta Sidoarjo mengerahkan armada lebih kecil untuk berkeliling.
Sumber Antara