Dongkrak Potensi Wisata, Magetan Gelar Panen Ikan di Situs Sendang Kamal

Selasa, 05 Oktober 2021 – 16:30 WIB
Dongkrak Potensi Wisata, Magetan Gelar Panen Ikan di Situs Sendang Kamal - JPNN.com Jatim
Bupati Magetan Suprawoto menghadiri kegiatan Panen Raya Sendang Kamal di Situs Prasasti Sendang Kamal di Dukuh Sumber, Kelurahan Kraton, Kecamatan Maospati, Magetan, Minggu (3/10/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Magetan

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Pemkab Magetan terus berusaha mengoptimalkan potensi wisata cagar budaya Situs Prasasti Sendang Kamal di Dukuh Sumber, Kraton, Maospati untuk mendorong pengembangan pariwisata daerah setempat.

Plt. Lurah Kraton Ari Budi mengutarakan salah satu upaya yang dilakukan, yakni melaksanakan kegiatan "Panen Raya Sendang Kamal" pada 3 Oktober lalu.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan.

"Panen Raya Sendang Kamal merupakan kegiatan panen sekitar 4.000 ekor ikan nila yang benihnya ditabur di sendang setempat sejak Februari lalu," kata dia, Senin (4/10).

Menurut dia, animo warga setempat yang hadir di kegiatan tersebut cukup bagus. Ikan-ikan tersebut dijual kepada masyarakat yang sudah mendaftar sehari sebelumnya kepada pihak pokdarwis.

"Ikan dijual dengan harga lebih murah dari pasaran, yakni Rp 15.000 per kilogram dengan pembatasan satu kilo per orang," ujar Ari.

Sementara harga ikan nila di pasaran berkisar antara Rp 18.000 sampai Rp 20.000 per kilogram.

Adapun hasil dari penjualan ikan tersebut bakal dipakai untuk modal pengembangan kawasan wisata Sendang Kamal selanjutnya.

Pemkab Magetan menggelar kegiatan panen raya ikan di Situs Sendang Kamal guna meningkatkan potensi wisata setempat.
Sumber Antara