Dua Rumah Sakit Ini Jadi Tempat Uji Klinis Vaksin Merah Putih

Rabu, 21 April 2021 – 04:00 WIB
Dua Rumah Sakit Ini Jadi Tempat Uji Klinis Vaksin Merah Putih - JPNN.com Jatim
Petugas medis menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum disuntikkan pada tenaga kesehatan di Klinik Universitas Brawijaya, Jawa Timur, Selasa (2/2/2021). Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 provinsi Jatim menargetkan vaksinasi pada tenaga kesehatan di wilayah tersebut rampung pada minggu ketiga bulan Februari 2021 mendatang. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Uji Klinis vaksin Merah Putih bakal dilakukan di dua rumah sakit berbeda di Surabaya, yakni RS Universitas Airlangga dan RSU dr Soetomo.

Direktur Utama RS Unair Prof dr Nasronudin mengatakan pihaknya akan menghadirkan peneliti sebanyak 25 orang untuk uji klinis.

"Fase berikutnya nanti sambil menunggu tahapan uji yang harus di lalui," kata dr Nasronudin, Selasa (20/4).

Baca Juga: Atap Stasiun Pasar Turi Ambruk, PT KAI Pastikan Tidak Ada Korban

Nasronudin menyebut bahwa pihaknya juga menyiapkan protokol uji klinis serta telah menyiapkan sejumlah relawan yang memenuhi kriteria disuntik vaksin Merah Putih.

"Kami telah menyiapkan prosedur uji klinis vaksin, termasuk mengantisipasi efek samping yang berpotensi muncul pada umumnya," tuturnya.

Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSU dr Soetomo Surabaya Prof dr Cita Rosita Sigit Prakoeswa mengatakan pihaknya masih menunggu hasil preklinik vaksin Merah Putih.

Baca Juga: Menyerang Petugas saat Ditangkap, Bandar Narkoba Ini Akhirnya Tewas

Dia berharap hasil preklinik itu baik, sehingga bisa dilakukan uji klinis.

Uji Klinis vaksin Merah Putih bakal dilakukan di dua rumah sakit berbeda di Surabaya, yakni RS Universitas Airlangga dan RSU dr Soetomo.