Kabupaten Jember Jadi Pusat Kopi Robusta Terbaik di Indonesia

Sabtu, 02 Oktober 2021 – 18:07 WIB
Kabupaten Jember Jadi Pusat Kopi Robusta Terbaik di Indonesia - JPNN.com Jatim
Bupati Jember Hendy Siswanto (dua dari kiri) bersama istri dan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi dan Kepala Puslit Koka Indonesia Agung Wahyu Susilo (kanan) dalam acara deklarasi Jember sebagai pusat kopi robusta terbaik di Indonesia yang digelar di Bandara Notohadinegoro Jember, Jumat (1/10/2021) malam. ANTARA/Zumrotun Solichah.

jatim.jpnn.com, JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto mengumumkan bahwa Kabupaten Jember menjadi pusat kopi robusta terbaik di Indonesia.

"Kabupaten Jember mulai hari ini adalah sentra produksi kopi robusta terbaik di Indonesia dengan bantuan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia," papar Hendy di Jember, Jumat (1/10) malam dalam gelaran peringatan Hari Kopi Internasional di Bandara Notohadinegoro Jember.

Hendy mengatakan pengumuman atau deklarasi yang dilakukannya itu bukan tanpa alasan, sebab menurutnya, kopi robusta Jember memiliki cita rasa yang khas dan memiliki kualitas terbaik.

Dia menyatakan kopi Jember yang banyak ditanam di kaki Gunung Argopuro itu sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Oleh karena itu kualitasnya sudah teruji.

"Kopi sudah menjadi penopang hidup masyarakat Jember sejak dahulu kala," ujarnya. 

Hingga sekarang luas areal kopi robusta Jember mencapai sekitar 18.000 hektare dengan produksi lebih dari 11.000 ton setiap tahun.

"Kapasitasnya masih terus ditingkatkan. Ada sekitar 32.000 hektare lahan yang berpotensi bisa kembangkan budi daya kopi di Jember," imbuhnya.

Untuk mengembangkan dan menjaga kualitas mutu kopinya, tambah Hendy, Pemkab Jember menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Universitas Jember, dan Politeknik Negeri Jember. (antara/mcr17/jpnn)

 
Bupati Jember Hendy Siswanto mengumumkan bahwa Kabupaten Jember menjadi pusat kopi robusta terbaik di Indonesia.

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News