67 Persen RS Rujukan COVID-19 di Jatim Nol Pasien

Jumat, 01 Oktober 2021 – 21:30 WIB
67 Persen RS Rujukan COVID-19 di Jatim Nol Pasien - JPNN.com Jatim
Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya terdata nol pasien isolasi COVID-19 menurut data Kementerian Kesehatan per tanggal 30 September 2021. ANTARA Jatim/Hanif Nashrullah

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Memasuki Oktober 2021, 110 rumah sakit rujukan di wilayah Jawa Timur tercatat memiliki nol pasien COVID-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan data tersebut diperoleh dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dilansir secara daring tertanggal 30 September 2021.

"Total ada 164 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jawa Timur. Namun 110 di antaranya sudah berada pada angka nol pasien," kata Khofifah, Jumat (1/10).

Dengan begitu, 67 persen rumah sakit rujukan COVID-19 di Jawa Timur memiliki nol pasien.

Gubernur Khofifah menyampaikan Kemenkes mengumumkan pula isolasi COVID-19 di sebanyak 52 rumah sakit rujukan di wilayah Jawa Timur nol pasien.

"Sekitar 31 persen ruang isolasi di rumah sakit rujukan nol pasien, salah satunya di Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura Surabaya," ujar dia.

Berdasarkan data tersebut, Gubernur Khofifah menyatakan keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) pasien COVID-19 di wilayahnya telah berada di bawah standar minimal 60 persen sebagaimana ketetapan organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Meski begitu, saya mohon tetap waspada dan diikuti dengan disiplin prokes serta percepatan vaksinasi," tutur dia.

Tak lupa dia berterima kasih atas kerja keras, sinergi, dan doa dari tenaga kesehatan, forkopimda, dan berbagai elemen masyarakat yang telah bergotong royong mencegah dan mengendalikan penyebaran COVID-19 di Jawa Timur.

Ada 110 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jatim yang tak memiliki pasien terkonfirmasi positif terkena virus corona.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News