Sambut Musim Hujan, BPBD Madiun Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir

Rabu, 29 September 2021 – 15:00 WIB
Sambut Musim Hujan, BPBD Madiun Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Banjir - JPNN.com Jatim
BPBD Kota Madiun gelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana di kawasan Embung Pilangbango Kota Madiun, Selasa (28/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - BPBD Kota Madiun melaksanakan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana hidrometeorologi yang rawan terjadi saat musim hujan dengan melibatkan 120 peserta dari anggota linmas setempat, Selasa (28/9).

"Kegiatan itu untuk mengantisipasi bencana saat musim hujan yang segera berlangsung. Harapannya, kelak masyarakat siap ketika terjadi musibah, terutama yang berada di lokasi rawan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun Jariyanto.

Dia menerangkan pelatihan yang diberikan meliputi water rescue, vertical rescue, dan pertolongan pertama saat ada bencana.

Wali Kota Madiun Maidi yang hadir dalam kegiatan tersebut menyebutkan pelatihan penting dilakukan untuk menyiapkan masyarakat bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

Dengan begitu, pertolongan tidak hanya menunggu petugas BPBD, namun bisa dilakukan secara mandiri, sehingga kerugian akibat bencana, baik materiel maupun korban jiwa dapat ditekan.

"Semua masyarakat kami latih menghadapi bencana, baik banjir, kebakaran, puting beliung, dan sebagainya," kata Wali Kota Maidi.

Dia memaparkan potensi bencana di Kota Madiun berada pada level sedang. Sebab, daerah itu dilintasi aliran Sungai Madiun yang merupakan anak sungai dari Bengawan Solo, sehingga rawan banjir saat curah hujan tinggi.

Banjir menjadi bencana langganan terutama di Kota Madiun wilayah timur mencakup Kelurahan Kelun, Rejomulyo, Tawangrejo, dan Pilangbango.

Pemkab mengantisipasi terjadi bencana banjir pada musim hujan yang sebentar lagi akan tiba dengan pelatihan mitigasi sebagai berikut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News