Tahun Depan, Pemkot Surabaya Targetkan Revitalisasi 3 Pasar Induk Ini

Rabu, 22 September 2021 – 23:20 WIB
Tahun Depan, Pemkot Surabaya Targetkan Revitalisasi 3 Pasar Induk Ini - JPNN.com Jatim
Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga pasar induk di Surabaya meliputi Keputran, Pabean dan Pasar Kembang yang beberapa waktu lalu bakal segera direvitalisasi Pemkot Surabaya bersama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya.

Kabag Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menuturkan revitalisasi tersebut rencananya dimulai pada 2022 seiring dengan adanya sisa dana penyertaan modal ke PD Pasar Surya senilai Rp 9 miliar.

"Pemkot masih ada sisa penyertaan modal senilai Rp 9 miliar yang belum diserahkan ke PD Pasar. Uang itu nanti untuk revitalisasi pasar," kata Agus, Rabu (22/9).

Dia memaparkan rencana revitalisasi terhadap tiga pasar induk tersebut untuk memperlancar distribusi kebutuhan bahan makanan.

Selain itu, dia mengatakan bentuk revitalisasi tersebut menunggu perencanaan dan kemampuan anggaran serta tergantung juga tergantung kondisi pandemi COVID-19.

"Kami, kan, tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Misalnya, tahun depan nanti risiko penularan kembali tinggi, maka program tidak bisa jalan karena realokasi anggaran," ujar dia.

Agus menyampaikan Pemkot Surabaya sebenarnya berharap kehadiran pihak investor dalam revitalisasi pasar yang menjadi kewenangan PD Pasar Surya.

"Namun seperti kejadian yang sudah-sudah, kehadiran investor justru merugikan dan juga karena SDM PD Pasar yang tidak mumpuni untuk menganalisis," tutur dia.

Menurut dia, seharusnya pihak PD Pasar melibatkan kalangan perguruan tinggi dan jajaran samping seperti kejaksaan untuk melakukan analisis.

"Kehadiran pihak investor juga harus sepengetahuan Pemkot Surabaya dan Wali Kota Surabaya sebagai pihak pemegang saham," ucap dia.

Sementara itu, Direktur Administrasi Keuangan PD Pasar Surya Sucahyo mengutarakan revitalisasi atau perbaikan dalam waktu dekat ini, yaitu Pasar Kembang.

"Karena ini, kan, sudah mau musim penghujan, kasihan pedagang yang di sana. Karenanya, perbaikan Pasar Kembang akan diprioritaskan," ucap Sucahyo. (antara/mcr13/jpnn)

Pemkot Surabaya berencana merevitalisasi tiga pasar induk di wilayahnya, salah satunya Pasar Kembang yang baru saja kebakaran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News